Sawah Macam-macam Gulma

Sawah Macam-macam Gulma

- Hallo sahabat sawah kreasi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Sawah Macam-macam Gulma, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya.

mudah-mudahan isi postingan Artikel Gulma Sawah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Sawah Macam-macam Gulma
link : Sawah Macam-macam Gulma

Baca juga


Sawah Macam-macam Gulma

Teknik Pengendalian Gulma Pada Lahan Sawah

Gulma padi sawah memiliki jenis dan karakteristik tersendiri, ada gulma yang mudah dikendalikan dan ada juga gulma yang sulit untuk dikendalikan. beberapa jenis gulma yang sering dijumpai pada pertanaman padi adalah: gulma berdaun lebar seperti enceng padi, genjer, wewehan, kiambang, dsb;. Macam macam gambar gulma dan keterangannya gulma ini dengan segera menguasai lahan bekas hutan yang rusak dan terbuka, bekas sawah macam-macam gulma ladang, sawah yang mengering, tepi jalan dan lain-lain. 2. cyperus rotundus ( teki ladang) teki ladang atau cyperus rotundus adalah gulma pertanian yang biasa dijumpai di lahan terbuka. Sebelum mengenal macam macam gulma yang merugikan bagi pertanian alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu definisi dari gulma itu sendiri. gulma adalah sebagai tumbuhan yang tumbuh pada areal yang tidak dikehendaki tumbuh pada areal pertanaman,yang nantinya merugikan secara ekonomis. Sebelum mengenal macam macam gulma yang merugikan bagi pertanian alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu definisi dari gulma itu sendiri. gulma ini dengan segera menguasai lahan bekas hutan yang rusak dan terbuka, bekas ladang, sawah yang mengering, tepi jalan dan lain-lain. 2. cyperus rotundus ( teki ladang) teki ladang atau.

Jenis gulma berdaun lebar yang selanjutnya ialah ageratum conyzoides. tanaman liar ini mempunyai bentuk yang pendek, paling tinggi sekitar 30 cm dan gampang untuk dibersihkan. tapi pertumbuhan gulma jenis ini sawah macam-macam gulma sangat cepat sekali. umumnya gulma jenis yang ini akan tumbuh pada tumbuhan yang mempunyai tekstur tanah gembur dan subur. Menurut beberapa arikel gulma ini diperkirakan berasal dari kawasan afrika tenggara dari kenya ke afrika selatan, sedangkan di asia dari india dan srilangka menuju ke asia tenggara termasuk ke indonesia, di indonesia sendiri gulma timunan atau leptochloa chinensis mudah ditemui dilahan basah, seperti pematang sawah, pinggir sungai dan rawa-rawa. Gulma akan menurunkan hasil panen padi sebesar 36% bila tidak dikendalikan secara intensif dan sistematis. apabila gulma dapat dikendalikan, otomatis hasil padi akan meningkat hingga 1,8 ton/ha, pengendalian gulma pada padi sawah secara manual membutuhkan waktu 172 jam/ha (22 hok) dan biaya tenaga kerja rp. 154. 000/ha. Gulma dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman padi sawah menjadi kerdil, menguning dan sebagai tempat inang opt (organisme pengganggu tanaman) untuk berkembang biak. macam-macam jenis rumput gulma padi berdaun sempit. gulma yang sering ditemukan pada lahan padi sawah pada umumnya memiliki karakter yang tahan terhadap air dan kekeringan.

Mengendalikan Gulma Padi Sawah Petani

Gulma pada tanaman padi gogorancah hampir mirip dengan padi sawah tadah hujan. gulma yang tumbuh umumnya dapat sawah macam-macam gulma menyesuiakna diri dengan kondisi kering dan basah. b. gulma padi gogo. gulma pada tanaman padi gogo umumnya didominasi oleh golongan rumput sebagian kecil berdaun lebar dan teki. ada daerah daerah khusus yang didominasi oleh golongan. Secara umum, gulma pada lahan padi sawah dapat digolongkan menjadi 2, yaitu gulma berdaun lebar dan gulma berdaun sempit. berikut ini macam-macam rumput padi, obat rumput untuk padi, obat pembasmi rumput jawan di lahan sawah serta cara-cara membasmi gulma pada tanaman padi; 1).

Sawah digenangi air hingga mencapai ketinggikan 2-7 cm. padi adalah salah satu jenis tanaman yang menyukai air, sehingga tanaman tidak akan mengalami busuk akar jika sawah digenangi air. sebaliknya, pertumbuhan gulma akan terhambat. Dasar pertanian gulma berdaun sempit adalah golongan rumput liar yang memiliki ciri-ciri daun kecil dan umumnya memiliki batang bulat dan agak pipih. biasanya gulma berdaun sempit ini juga memiliki batang yang berongga, namun ada juga yang tidak. mungkin pada postingan sebelumnya dasar-pertanian sudah menjelaskan apa itu gulma berdaun lebar beserata contohnya, nah kali ini akan kita bahas. Adapun klasifikasi dan jenis-jenis gulma ini dibuat untuk mempelajari apa saja ciri-ciri gulma yang selalu mengganggu tanaman budidaya, bagaiamana pula karakteristik dari gulma ini, serta pembagian gulma berdasarkan morfologinya, sehingga dengan kita tahu jenis dan karakteristik gulma tersebut kita dapat mudah untuk menganggulanginya. More macam-macam gulma sawah images.

Berbagai Macam Jenis Gulma Berdaun Lebar Beserta Photonya

1. genjer. sebagian petani di indonesia memanfaatkan lahan tanam di sawah/ sawah berawa untuk ditanami genjer. genjer sebenarnya adalah tanaman gulma/rumput liar yang hidupnya secara hidrofit, arti sawah macam-macam gulma dari kata hidrofit sendiri karena tanaman genjer tersebut sangat baik hidup pada lahan yang berair (mempunyai ketercukupan air). Paper teknologi pengendalian gulma jenis jenis gulma oleh : kelompok 1 m. zainul anshori 105040101111053 vika sari 1150401011111 suvi wahyu 115040101111133 ulivia ristiana 1150401011111 ra. Golongan gulma berdaun lebar antara lain: mikania spp, ageratum conyzoides, euparotum odorotum. berdasarkan habitat tumbuhnya, dikenal gulma darat, dan gulma air. a. gulma darat merupakan gulma yang hidup didarat, dapat merupakan gulma yang hidup setahun, dua tahun, atau tahunan (tidak terbatas). penyebaranya dapat melalui biji atau dengan cara vegetatif.

Teknik pengendalian gulma pada lahan sawah.

Macammacamgulma Gulma Rumput Timunan Leptochloa

Gulma pada saluran irigasi menghambat aliran air sehingga pemberian air ke sawah terhambat. gulma dapat menjadi inang bagi hama atau patogen penyakit. gulma harendong (melastoma sp. ) menjadi inang hama teh helopeltis antonii, gulma jajagoan (e. crusgalli) menjadi inang penggerek padi (tryphoriza innotata), gulma babadotan (ageratum conyzoides. Macam-macamgulma : klasifikasi dan morfologi kitolod (isotoma longiflora) tumbuhan kitolod adalah salahsatu gulma yang tumbuh liar dipinggiran-pinggiran aliran sungai dan pematang sawah, bahkan tikolod mudah ditemukan di tepi-tepi selokan atau disela-sela dinding yang lembab.

Makalah Ilmu Gulma Definisi Dan Macam Macam Gulma

Musuh Alamipredator Macam Macam Gambar Gulma Dan

Genjer di tengah padi dan gulma. tergeletak sementara saat baru dipetik. sabtu, 13 oktober 2018 kemarin, setelah kegiatan matun atau membersihkan sawah dari rumput dan gulma kami keliling memeriksa tanaman padi yang mulai tumbuh lebih besar. Pertumbuhan gulma berdaun sempit ini juga sangat cepat, terutama pada lahan atau tanah yang subur. tetapi sedikit berbeda dengan gulma berdaun lebar yang lebih mudah tumbuh dengan subur dilahan yang subur, sedangkan gulma berdaun sempit ini dapat tumbuh meskipun dilahan yang kering dan keras sekalipun. Budidaya berbagai jenis tanaman baik itu tanaman pangan maupun perkebunan tidak terlepas dari keberadaan gulma. gulma merupakan tumbuhan/rumput-rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman budidaya yang pertumbuhannya tidak dikehendaki dan umumnya merugikan karena dapat menghambat pertumbuhan, mengakibatkan penurunan kuantitas dan kualitas produksi dan dapat menjadi sarang hama dan penyakit.

Sawah Macam-macam Gulma
Berbagai Macam Jenis Gulma Berdaun Lebar Beserta Photonya

Gulma yaitu tumbuhan atau tanaman liar yang tidak dikehendaki yang dapat menjadi pesaing dan mengganggu pertumbuhan tanaman pokok. gulma dibagi ke dalam tiga golongan, yaitu golongan berdaun lebar, golongan teki dan golongan rumput. berikut adalah macam-macam gulma dari golongan teki, ciri-ciri gulma golongan teki adalah :. Jenis gulma pada lahan sawah irigasi dan 23 jenis pada lahan rawa lebak. jenis gulma yang dominan pada lahan sawah irigasi adalah echinocloa colona (sdr 18,89%) dan hedyotis corymbosa (12,52%), sedangkan pada lahan sawah rawa lebak adalah fimbristylis miliacea (sdr 16,92%) dan ludwigia octovalvis (16,18%). pengendalian.

Kompetisi gulma yang tumbuh rendah ( menjalar ) diukur dengan membandingkan luas lahan yang tertutup gulma. dengan dua cara tersebut nilai yang kecil akan memperlihatkan jumlah gulma yang sedikit dan tingkat kompetisinya kecil. hal ini dilakukan dalam rangka menentukan jenis, dosis dan cara pengendalian dengan herbisida. Pengertian gulma secara umum kaitan dengan budidaya tanaman: gulma adalah tumbuhan/tanaman liar yang tidak dikehendaki yang dapat menjadi pesaing dan mengganggu pertumbuhan tanaman pokok. klasifikasi gulma dan penyebarannya. gulma secara umum ( marfologi ) dapat dibedakan 3 golongan yaitu : golongan rumput ( grasses ).



Demikianlah Artikel Sawah Macam-macam Gulma

Sekianlah artikel Sawah Macam-macam Gulma kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Sawah Macam-macam Gulma dengan alamat link https://sawahkreasi.blogspot.com/2020/10/sawah-macam-macam-gulma.html