Gulma Berdaun Sempit Pada Tanaman Padi

Gulma Berdaun Sempit Pada Tanaman Padi

- Hallo sahabat sawah kreasi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Gulma Berdaun Sempit Pada Tanaman Padi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya.

mudah-mudahan isi postingan Artikel Gulma Sawah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Gulma Berdaun Sempit Pada Tanaman Padi
link : Gulma Berdaun Sempit Pada Tanaman Padi

Baca juga


Gulma Berdaun Sempit Pada Tanaman Padi

16 Contoh Gulma Dalam Pertanianperkebunan Dosenpertanian Com
Gulma Berdaun Sempit Pada Tanaman Padi Basf Petani

Jenis Jenis Gulma Padi Sawah Dan Cara Pengendaliannya

Gulmapadatanamanpadi gogo umumnya didominasi oleh golongan rumput sebagian kecil berdaun lebar dan teki. ada daerah daerah khusus yang didominasi oleh golongan teki terutama bila lahan-lahan yang sangat intensif diusahakan dengan pemupukan n yang tinggi. Gulma sebagai organisme pengganggu tanaman (opt) termasuk kendala penting yang harus diatasi dalam peningkatan produksi padi di indonesia. penurunan hasil padi akibat gulma berkisar antara 6-87 %. data yang lebih rinci penurunan hasil padi secara nasional akibat gangguan gulma 15-42 % untuk padi sawah dan padi gogo 47-87 % (pitoyo, 2006).

Gulma pada tanaman padi hidup pada kondisi tanah basah, setelah pemanenan sebelum penanaman berikutnya, tanah perlu dibuat kering agar gulma mati karena ia tidak dapat hidup dalam keadaan kering. Ø pergiliran tanaman yang bertujuan untuk mengatur dan menekan populasi gulma dalam ambang yang tidak membahayakan. Gulma berdaun sempit/kecil umumnya tumbuh di lahan-lahan pertanian seperti di areal persawahan, ladang, kebun. gulma ini akan aktif tumbuh pada lahan tanam yang mempunyai sumber nutrisi (unsur hara) paling banyak. More gulma berdaun sempit pada tanaman padi images. Herbisida khusus untuk mengendalikan gulma pada tanaman padi sawah. keunggulan produk : herbisida yang selektif dan sangat efektif untuk budidaya tanaman padi sawah. petunjuk penggunaan : padi sawah sasaran gulma berdaun lebar (monochoria vaginalis) dosis 250 mℓ/ha padi sawah sasaran gulma berdaun sempit (echinochloa crusgalli) dosis 250 mℓ/ha.

Jika pertumbuhan gulma lebih cepat dibandingkan tanaman, maka bisa dipastikan tanaman yang dibudidayakan akan mengalami pertumbuhan yang tidak optimal. bahkan terdapat beberapa jenis gulma yang menimbulkan efek beracun pada perakaran tanaman, seperti kandungan metabolit sekunder (cairan) pada akar alang-alang. Gulma berdaun sempit pada tanaman padi dapat mengganggu pertumbuhan gulma berdaun sempit pada tanaman padi tanaman padi. untuk mengatasi hal itu, anda dapat menggunakan tetris 75 ec herbisida sistemik berbentuk pekatan berwarna kecoklatan.

Gulma Pengertian Manfaat Jenis Kerugian Dan Contoh

Gulma merupakan jenis rumput memiliki ciri berdaun sempit seperti teki namun tetapi menghasilkan stolon. stolon di dalam tanah tersebut memiliki bentuk jaringan rumit yang sulit diatasi dengan secara mekanik. kebanyakan dari golongan gulma rerumputan berasal dari famili gramineae (poaceae). Sebagai contoh, gulma rumput setan (striga asiatica) dapat menjadi parasit pada tanaman jagung dan padi ladang, gulma orobanche spp. pada padi, jagung, tebu, gandum, dan tembakau. gulma juga dapat menimbulkan alelopati pada tanaman yang menyebabkan penurunan pertumbuhan tanaman. Ada gulma yang memiliki daun lebar, ada juga gulma yang memiliki batang berduri, dan lain sebagainya. gulma berdaun lebar ini (broadleaf weeds) bisa tumbuh pada lahan yang terbuka maupun sempit. apapun jenis gulma itu sama saja mengganggu tanaman dan harus dibersihkan dan ditanggulangi.

Gulma berdaun sempit ini pada umumnya masih tergolong jenis gulma yang termasuk dalam keluarga gramineae. sebagaimana ciri-ciri yang admin sebutkan diatas yaitu memiliki batang berongga, berdaun kecil juga memanjang. Secara umum, gulma pada lahan padi sawah dapat digolongkan menjadi 2, yaitu gulma berdaun lebar dan gulma berdaun sempit. berikut ini macam-macam rumput padi dan cara-cara membasmi gulma pada tanaman padi ; 1). gulma berdaun lebar, misalnya enceng padi, genjer, wewehan/enceng padi, kiambang/kayambang. 2). Berikut ini jenis-jenis gulma yang mengganggu tanaman yang wajib di ketahui petani: baca juga: kenali hama wereng batang coklat pada padi dan cara mengatasinya. gulma berdasarkan ciri-ciri gulma berdaun sempit pada tanaman padi yang dimiliki. berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki, gulma dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu: teki, rumput, dan gulma dengan daun lebar. berikut adalah.

Gulma Di Pertanaman Padi Oryza Sativa L Konvensional

Gulma berdaun sempit pada tanaman padi basf petani.

Tabel 4. 1. menunjukkan bahwa jumlah jenis gulma pada lahan organik selalu lebih banyak dibandingkan dengan lahan yang lainnya, baik pada saat tanaman berumur 30, 60, 80, dan 110 hst. jumlah jenis gulma yang tinggi belum tentu merugikan tanaman padi selama biomassanya rendah yang berarti tingkat penguasaan lahannya kecil. Padi sawah sasaran gulma berdaun sempit (leptochloa sinensis) dosis 250 mℓ/ha demikianlah ulasan tentang herbisida terbaik untuk padi yang bisa anda coba untuk menanggulangi gulma atau rumput liar yang tumbuh di sawah anda, semoga bermanfaat. terimakasih.

Pendahuluan 1. 1. latar belakang kehadiran gulma sebagai organisme pengganggu tanaman (opt) pada lahan pertanian dapat mengakibatkan terjadinya kompetisi atau persaingan dengan tanaman pokok (tanaman budidaya) dalam hal penyerapan unsur-unsur hara, penangkapan cahaya, penyerapan air dan ruang lingkup, mengotori kualitas produksi pertanian. Hanya 250 ml per ha tanaman padi. formulasi of. siap pakai, tanpa memerlukan bahan pencampur. mudah dan hemat biaya. bisa dicampur pestisida lain dan ppc. waktu aplikasi panjang. pada kondisi gulma berdaun 2-5 daun atau pada saat 10-25 hari setelah tanam (hst). efektif. ampuh mengendalikan gulma teki-tekian, gulma beradun lebar, dan gulma. Dasar pertanian gulma berdaun sempit adalah golongan rumput liar yang memiliki ciri-ciri daun kecil dan umumnya memiliki batang bulat dan agak pipih. biasanya gulma berdaun sempit ini juga memiliki batang yang berongga, namun ada juga yang tidak. mungkin pada postingan sebelumnya dasar-pertanian sudah menjelaskan apa itu gulma berdaun lebar beserata contohnya, nah kali ini akan kita bahas.

Contoh gulma berdaun sempit beserta gambarnya dasar.

Padatanamanpadi sawah, gulma biasanya akan tumbuh subur bersamaan dengan tumbuhnya padi. gulma padi sawah memiliki jenis dan karakteristik tersendiri, ada gulma yang mudah dikendalikan dan ada juga gulma yang sulit untuk dikendalikan. beberapa jenis gulma yang sering dijumpai pada pertanaman padi adalah: gulma berdaun lebar seperti enceng. Keberadaan dari gulma ini sangat mengganggu tanaman produksi disebabkan karena gulma ini mengganggu pertumbuhan dari tanaman produksi. jenis-jenis (klasifikasi) gulma dibawah ini akan dijelaskan macam jenis gulma dengan beberapa dasar, diantaranya sebagai berikut :. See more videos for gulma berdaun sempit pada tanaman padi. Pada metode tanam padi benih langsung (tabela), gulma yang dapat di basmi oleh tabas 400sc seperti gulma berdaun lebar (ludwigia octovalvis dan monocharia vaginalis), gulma berdaun sempit (echinochloa crus-galli), dan rumput teki (fimbristilis miliacea dan cyperus iria).

Dibanding dengan yang dijumpai pada tanah podsolik. jenis gulma berdaun lebar dijumpai lebih dominan pada pertanaman yang jenis tanahnya podsolik (nasution, 1981). indeks nilai penting gulma gulma berdaun sempit pada tanaman padi dan dominansinya adanya gulma pada pertanaman padi gogo sangat mengganggu proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi yang akhirnya. Menurut sastroutomo (1990) bahwa, terdapat kurang lebih 33 jenis gulma yang dijumpai tumbuh pada pertanaman padi sawah dengan perincian 10 jenis dari golongan rerumputan, 7 teki-tekian, serta 16 jenis golongan gulma berdaun lebar, dan jenis gulma yang sering kali dijumpai serta termasuk yang dominan adalah monochoria sp, fimbristylis sp.

Di lahan gulma berdaun sempit pada tanaman padi pertanian padi, gulma golongan daun sempit dianggap petani sebagai gulma yang “bandel” karena memang sifatnya yang “bandel” dapat mengungguli tanaman padi dalam berkompetisi. gulma tersebut adalah echinochloa crusgalli, echinochloa colona, dan leptochloa chinensis. gulma ini pertumbuhannya menjulang ke atas sehingga akan. Gulma adalah tumbuhan/tanaman liar yang tidak dikehendaki yang dapat menjadi pesaing dan mengganggu pertumbuhan tanaman pokok. klasifikasi gulma dan penyebarannya. gulma secara umum ( marfologi ) dapat dibedakan 3 golongan yaitu : golongan rumput ( grasses ). rumput pada umumnya berdaun panjang, lurus uraturat daunnya sejajar batangnya.

Gulma Berdaun Sempit Pada Tanaman Padi


Demikianlah Artikel Gulma Berdaun Sempit Pada Tanaman Padi

Sekianlah artikel Gulma Berdaun Sempit Pada Tanaman Padi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Gulma Berdaun Sempit Pada Tanaman Padi dengan alamat link https://sawahkreasi.blogspot.com/2020/10/gulma-berdaun-sempit-pada-tanaman-padi.html